ILMU KOMPUTER

            
                           SKEMA INTERKONEKSI BUS
                                                        BY: DIMAS AMIRRULLOH



SKEMA INTERKONEKSI BUS

Hubungan antara CPU dengan main memory ataupun dengan alat-alat input/output dilakukan dengan suatu jalur yang disebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus yang dilekatkan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung ke alat-alat input/output tersebut, tapi dapat melalui suatu alat I/O port atau DMA controller atau I/O channel. (komputer, 2016)


    1.     CPU
CPU membaca instruksi dan data, menulis data setelah diolah, dan menggunakan signal-signal kontrol untuk mengontrol operasi sistem secara keseluruhan. CPU juga menerimasignal-signalinterupt. 


    2.      MEMORY
Memory umumnya modul memory terdiri dari n word yang memiliki panjang yang sama. Masing-masing word diberi alamat numerik yang unik(0,1…,N-1). Sebuah word data dapat dibaca dari memory atau ditulis ke memori. Sifat operasinya ditandai oleh signal-signal control read dan write. Lokasi bagi operasi dispesifikasikan oleh sebuah alamat. (Dohan, 2016)
    3.      PROCESSOR
Prosesor membaca dalam instruksi dan data, menulis data setelah keluar pengolahan, dan menggunakan sinyal kontrol untuk mengendalikan keseluruhan sistem operasi. Juga menerima sinyal interupt.

Dari  jenis  pertukaran  data  yang  diperlukan  modul  –  modul  komputer,  maka struktur interkoneksi harus mendukung perpindahan data berikut :
     a.      Memori ke CPU
CPU melakukan pembacaan data maupun instruksi dari memori.
     b.      CPU ke Memori
CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
     c.       I/O ke CPU
CPU membaca data dari peripheral melalui modul I/O.
     d.      CPU ke I/O
CPU mengirimkan data ke perangkat peripheral melalui modul I/O.
     e.       I/O ke Memori atau dari Memori ke I/O
digunakan pada sistem DMA.
Saat  ini   terjadi perkembangan  struktur  interkoneksi,  namun  yang  banyak digunakan adalah  sistem  bus.  Sistem  bus  ada  yang  digunakan  yaitu sistem bus tunggal dan struktur sistem bus campuran, tergantung karakteristik sistemnya. (Komputer, Skema Interkoneksi Bus [Bag 2], 2016)

Bibliography

komputer, I. (2016, September 02). Skema Interkoneksi Bus [Bag 2]. Retrieved from Struktur dan Interkoneksi Bus: http://computereducationsmki.blogspot.co.id/2016/08/struktur-dan-interkoneksi-bus-bag-2.html
Komputer, I. (2016, September). Skema Interkoneksi Bus [Bag 2]. Retrieved from Struktur dan Interkoneksi Bus.
Komputer, I. (2016, september 02). Skema Interkoneksi Bus [Bag 2]. Retrieved from Struktur dan Interkoneksi Bus.

NAMA  : DIMAS AMIRRULLOH MUTAQIN
SEKOLAH : SMK ISLAM 1BLITAR

MOTTO : OJO DUMEH

No comments:

Powered by Blogger.